Manuver Para Mantan Jenderal di Kubu Jokowi, Goyang Netralitas TNI-Polri?

Manuver Para Mantan Jenderal di Kubu Jokowi, Goyang Netralitas TNI-Polri?

Beritaenak.com –┬áManuver Para Mantan Jenderal di Kubu Jokowi, Goyang Netralitas TNI-Polri? –┬áRatusan Purnawirawan TNI-Polri menyatakan dukungan politiknya kepada capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi dan Ma’ruf Amin. Deklarasi ini dilaksanakan di Ji-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (10/2/2019).

Dukungan para purnawirawan TNI tersebut disampaikan langsung oleh mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI (Purn) Arief Koeshariadi. Jokowi pun menyaksikan langsung pemberian dukungan itu.

Arief mengaku tak hanya dirinya, dukungan terhadap Jokowi diikuti oleh sejumlah purnawirawan jenderal. Beberapa di antaranya yaitu Laksamana Madya TNI (Purn) Freddy Numberi, Letjen TNI (Purn) Suaidi Marasabessy, Jenderal TNI (Purn) Subagyo HS, Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh, Jenderal Polisi (Purn) Da’i Bachtiar, Jenderal Polisi (Purn) Roesmanhadi, dan Jenderal Polisi (Purn) Surojo Bimantoro.

Arief mengaku alasannya lebih mendukung Jokowi-Ma’ruf, ketimbang Prabowo yang merupakan purnawirawan TNI. Menurut Arief, Selama empat tahun memimpin, Jokowi dianggap telah melakukan banyak hal untuk merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Manuver Para Mantan Jenderal di Kubu Jokowi, Goyang Netralitas TNI-Polri?

arena itu, para Purnawirawan TNI-Polri memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada Jokowi-Ma’ruf Amin untuk melanjutkan kepemimpinan.

“Kami para Purnawirawan TNI-Polri yang hadir pada acara ini menyatakan dalam semangat optimis kerja nyata oleh Jokowi 4 tahun ini, kami dengan bulat menyatakan dukung Jokowi dan Kiai Maruf sebagai presiden dan wapres periode 2019-2024 dan melanjutkan sesuai Nawacita kedua,” ucap dia.

“Untuk memajukan Indonesia maju, daulat, mandiri dan berlandaskan Pancasila dan UUD,” sambungnya.

Sementara itu, Laksa TNI (Purn) Iskandar Sitompul, selaku koordinator acara mengatakan bukan tanpa sebab para ribuan Purnawirawan TNI-Porli ini mendukung Jokowi.

“Saya dari awal, dari Letnan sampai paling tinggi, sudah ikut Pendidikan Lemhanas dan semuanya. Tentu saja kita diajak berpikir, diajar melihat. Kalau kita melihat ya tadi, melihat Pak Jokowi yang mempunyai harapan untuk memajukan bangsa dan negara ini,” jelas Iskandar.

Menurut Iskandar, Jokowi merupakan contoh pemimpin yang bekerja bagi rakyatnya. “Tapi tentunya kita memilih pemimpin yang dapat memberikan contoh. Dapat kita lihat pekerja keras, dan lainnya,” pungkasnya.

Sejumlah infrastruktur yang dianggap positif bagi pembangunan bangsa yang dikerjakan oleh pemerintahan Jokowi, kata dia, di antaranya jembatan, jalan tol, bendungan, bandara, hingga pelabuhan.

Manuver Para Mantan Jenderal di Kubu Jokowi, Goyang Netralitas TNI-Polri?
Manuver Para Mantan Jenderal di Kubu Jokowi, Goyang Netralitas TNI-Polri?
Manuver Para Mantan Jenderal di Kubu Jokowi, Goyang Netralitas TNI-Polri?

“Inikan sudah teruji kepemimpinan beliau. Makanya purnawirawan dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan polisi saat bertemu dalam dialog mengatakan mau dukung,” tukasnya.

Pujian terhadap Jokowi juga disampaikan oleh Lejten (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, yang saat ini menjadi Menko Kemaritiman di pemerintahan Jokowi. Menurut Luhut, Jokowi merupakan seorang pemimpin yang berani dalam memutuskan sesuatu. Ia pun menganggap Jokowi pantas menjadi prajurit Kopassus.

“Bos saya itu bukan tentara. Saya pikir, Bapak salah jurusan saya pikir kadang-kadang, kalau berdua. Bapak harusnya masuk Kopassus, karena berani mengambil keputusan,” cerita Luhut saat menghadiri acara silahturahmi purnawiran TNI-Porli di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (10/2/2019).

Luhut pun menegaskan bahwa Jokowi tidak memihak kepada asing, termasuk Amerika Serikat dan Tiongkok di setiap kebijakan yang dia putuskan.

“Posisi kita sangat jelas. Kita tidak akan pernah bisa didikte oleh kekuatan manapun. Dan Presiden mengedepankan ini. Beliau bukan militer, tapi saya banyak diskusi dengan Beliau, saya laporkan, dan inilah posisi kita,” ucap Luhut

Share This:

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *